Lawan Budaya Ngaret dengan Belajar On Time

Lawan Budaya Ngaret dengan Belajar On Time

Pernahkah teman-teman mengalami kondisi janjian dengan orang lain jam sekian, namun setelah menunggu lebih dari satu jam, ternyata yang ditunggu tak kunjung datang? Sewaktu diminta klarifikasi, ternyata yang bersangkutan tidak meminta maaf dan menganggap enteng keterlambatannya. Padahal kita sudah menunggu sekian lama dan menyediakan waktu untuknya.

Lalu apa yang teman-teman rasakan ….? Kesal?
Marah?
Atau malah biasa saja?

Kebiasaan datang terlambat dari waktu yang sudah ditetapkan, sepertinya sudah dianggap lumrah bagi sebagian orang.
Padahal sebenarnya itu adalah kesalahan yang fatal.

Mengapa?

Karena itu melatih diri menjadi orang yang suka menggampangkan orang lain. Tidak disiplin terhadap waktu, artinya kita sudah zalim terhadap orang lain.

Kalau memang kita terlambat datang dari waktu yang dijanjikan, paling tidak kabari terlebih dulu kepada orang tersebut. Minta maaf karena telah membuat mereka menunggu kedatangan kita.

Semua orang punya jadwal masing-masing. Dan kita perlu saling menghargai satu sama lain.

Kalau ketemu tipe teman yang suka “ngaret”, ingatkan dengan cara yang baik, kalau sikap tersebut merugikan orang lain. Kalau perlu, contohkan dengan tindakan. Sehingga orang pun akan segan dengan kita.

Nah berikut ini tips yang dapat kita lakukan supaya bisa on time, di antaranya:

  1. Tanamkan niat untuk bisa on time.
  2. Buat pengingat, kalau perlu pasang alarm agar tidak lupa saat ada agenda tersebut.
  3. Jangan mendadak untuk mempersiapkan keperluan yang akan di bawa pada acara tersebut.
  4. Kalau memang kita akan terlambat karena ada urusan yang urgent, maka sampaikan baik-baik bahwa kamu minta maaf dan akan datang terlambat kira-kira sekian menit atau sekian jam, sehingga teman yang sedang menunggu pun tidak akan kesal.

Itu tadi beberapa tips agar bisa on time.

Berawal dari diri sendiri, lalu keluarga dan orang-orang terdekat, yuk belajar menghargai waktu. Latihan on time dan disiplin waktu. Sehingga kita tidak akan menzalimi orang lain akibat keteledoran kita.

Selamat mencoba!

rumahmediagrup/siskahamira