Bilakah Harus Ada Istilah Silent is Gold

Penting memang, jika kita membicarakan sebuah permasalahan yang tidak dapat secara langsung terpecahkan. Bukan sebaliknya, hanya diam seolah tak perlu memberikan suara. Tak dapat memberi solusi

Terlepas dari semua itu, kita harus bisa menjelaskan sebenarnya apa yang terjadi jika seseorang hanya diam, menyimpan segala kemarahan yang juga tak mungkin terpecahkan ketika tetap diam atau tidak berbicara.

Ketika kita terdiam, dan terlihat jelas sebuah kemarahan, maka bisa saja orang akan :

  1. Terus saja bertanya dan meminta kita untuk berbicara, menjelaskan kenapa atau ada apa.
  2. Mereka akan bingung, apakah mereka yang bersalah atau kita sendiri yang membangun ego yang hanya akan merugikan diri sendiri.
  3. Orang lain justru akan merasa kurang suka dengan sikap kita, yang hanya terdiam tak memberi penjelasan.
  4. Ketika mereka sudah tidak paham dan merasa sudah sulit mengajak kita berbicara, dengan sendirinya mereka akan menjauh, dan justru menganggap kita kan baik-baik saja.
  5. Rubahlah mind set kita, agar tidak membuat orang lain selalu menganggap kita pemarah ulung ketika diam seribu bahasa.
  6. Selayaknyalah kita yang bermasalah, memiliki sebuah ketidakcocokan pendapat mulai berbicara. Karena berbicara dalam hal ini justru baik, karena sifatnya mengkonfirmasi sebuah titik permasalahan yang sedang berlangsung.

Nah, bagamanapun kerasnya hati kita terhadap sebuah permasalahan, sebaiknya kita berbicara. Bukan malah terdiam tak membagikan kata-kata.

Seperti dalam sebuah hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ka berkata baik atau hendaklah ia diam.”

Hadits Ini sangatlah diberi anjuran khusus bagi kita, untuk mengindahkannya. Diluar pemikiran orang lain terhadap kita.

Namun apakah kita bisa mengambil kesimpulan yang justru hanya berpikiran kurang baik tentang oranglain, ketika berdiam diri saja yang diagungkannya.

Tentu, orang yang bijaksana akan lebih mengatur laku, memilah kata untuk bersuara kenapa justru melakukan aksi mogok berbicara.

Semua terlepas dari bagaimana kita menanggapi baik hal ini. Apakah kita harus bicara apabila ingin menjelaskan sesuatu, atau sebaiknya diam untuk menjelaskan sesuatu.

Tidak semua orang bisa disamakan arti atau pendapat yang sama dengan sikap diamnya seseorang.

Maka kita sendirilah yang harus bersikap sensitif agar oranglain pun dapat mengerti atas setiap sikap kita yang terlihat jelas di depan mata.

Rumah Media Kita/ Allys Setia Mulyati
Foto : dokumentasi quote pribadi

2 comments

    1. Terima kasih kak 🤭🙏,, sama-sama belajar ini Hehehe… saling menyemangati yaaaaa 😍😘🙏🙏🙏

Comments are closed.