Sesederhana Menu Sahur Pertama, Ayam Bumbu Kecap

Sejak diberlakukannya darurat corona,  rasa was-was selalu menghantui apalagi jika harus ke luar rumah.  Semakin lama pandemik corona ternyata semakin merebak hingga akhirnya semua aktivitas harus dihentikan kecuali yang sangat urgen. Bahkan kegiatan sekolah dan kegiatan kantor harus dilakukan di rumah. Situasi terasa semakin genting hingga menjelang Ramadhan tiba. Acara munggahan guru-guru yang biasa kami laksanakan setiap menjelang ramadhan terpaksa dibatalkan. Karena situasinya yang tak memungkinkan. Apalagi rencananya kami akan melaksanakan munggahan ke luar kota.

Suasana di daerah yang biasanya ramai jika menjelang Ramadhan,  kali ini memang beda. Semua terasa biasa saja seperti hari-hari yang lain. Mau berangkat ke pasar terasa was-was karena tak mau berdesakkan kalau-kalau di pasar ramai. Akhirnya persiapan yang kami lakukan untuk sahur pertama sederhana saja. Bahkan tak sempat beli apa pun yang dirasa istimewa.

Menjelang sahur,  seperti biasanya saya bangun untuk menyiapkan makanan. Menghangatkan nasi dan mencoba membuat masakan dengan bahan yang tersedia di kulkas. Kebetulan saya biasa menyediakan persediaan bahan makanan untuk satu minggu. Saya lihat masih ada daging ayam yang sudah saya beli beberapa hari sebelumnya. Biar lebih gampang saya bikin ayam bumbu kecap saja. Alhamdulillah anak-anak pun tak banyak menuntut dengan berbagai keinginannya. Mereka paham dengan kondisi yang sedang melanda negeri ini.  Kami pun menikmati makan sahur dengan menu seadanya.  Alhamdulillah.

sumber foto : cookpad.com

2 comments

Comments are closed.