Yuk kita simak, cara agar koleksi buku kita tetap terawat baik

Coba unjuk tangannya dong, siapa yang memiliki hobi membaca di setiap ada sesi jeda luang kesempatan?

Pastinya kalian memiliki koleksi buku-buku yang banyak di simpan rapi di rumah, iya kan? Hehe jadi kayak kuis ini.

Jika kita memiliki hobi mengkoleksi buku, tentu pengetahuan kita akan semakin bertambah setiap harinya. Itu menjadi keuntungan tersendiri untuk kita.

Meskipun kita semuanya sudah pada tahu jika buku yang kita senangi akan sering kita buka dan baca, akibatnya buku akan gampang kucel atau rusak. Pasti kita ada sedikit rasa sedih kan ya?

Saya akan mencoba membahas sedikit tentang cara-cara merawat buku koleksi kita di rumah agar senantiasa bersih terawat dan selalu rapi penataannya.

Sebetulnya tidak terlalu susah, siapapun ditingkatan usia anak sekolah dapat melakukannya dengan penuh rasa senang.

Ini dia cara-caranya :
○sebaiknya buku disimpan pada lemari khusus atau rak yang dapat menampung semua koleksi buku kita di rumah.
○jika ingin selalu terlihat bersih, sebaiknya buku di lapisi plastik yang cocok untuk sampul buku, sekaligus juga agar terlihat indah dan rapi, akan tampak baru setiap saat tentunya.
○kita harus menyusun buku (shelving) di lemari atau rak buku yang tersedia dengan posisi berdiri, dimana punggung buku berada menghadap keluar. Jadi bisa kelihatan judul buku meski tersimpan berdiri.
○supaya tidak ada kutu atau rayap buku, maka kita sebaiknya menebar kamper di sekitar koleksi buku yang sudah tersusun rapi di rak buku. Selain agar tidak terkena kutu maka ruangan sekitar buku akan terasa harum terawat.
○agar lebih kelihatan bak perpustakaan milik pribadi di rumah sendiri, kita bisa memberikan kode pada setiap buku sesuai kelas subyek buku tentunya, agar kita mudah menyusun dalam penyimpanan di rak atau lemari buku.
○jangan lupa untuk selalu tetap membersihkan dari debu kotoran yang mudah menempel, agar buku tampak terlihat cantik dan segar.

Nah, mudah sekali kan? So, siapa takut memiliki banyak koleksi buku di rumah, asalkan semua koleksi harus dibaca ya.

Agar ilmu bermanfaat, alih-alih kita bisa menyebar luaskan kembali informasi pengetahuan di dalam koleksi buku pribadi kita. Pasti akan menambah banyak manfaat literasi untuk orang banyak.

sumber : Andaka, Indonesian Children Journalist (Djati)
Pict : google share